Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer yang Menarik Dipelajari Tahun 2021

Bahasa Pemrograman Terbaik
Bahasa Pemrograman Paling Populer yang Menarik Dipelajari Tahun 2021

Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk dipelajariDi dunia modern seperti sekarang, segala sesuatu di sekitar kita telah berubah dan mengalami perubahan digital. Kini banyak perusahaan mulai mengembangkan produk atau servisnya secara digital.

Hal ini membuat banyak perusahaan kini membuka lowongan pekerjaan programmer. Tawaran yang mereka berikan pun tidak main-main. Gaji tinggi, fasilitas yang lengkap dan tentu kehidupan yang mewah.

Nah, jika kamu tertarik dengan berbagai tawaran tersebut, baik itu untuk memajukan karier profesionalmu atau sebagai langkah perubahan karier, hal utama yang perlu kamu kuasai terlebih dahulu yakni menguasai bahasa pemrograman lebih dahulu.

Akan tetapi, di tengah berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bermunculan. Perkembangan ini mungkin membuat kamu bertanya-tanya bahasa pemrograman mana yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Karena seperti yang pernah kami sampaikan pada artikel sebelumnya, untuk menguasainya, jelas kamu akan membutuhkan waktu dan uang yang tidak sedikit. Maka dari itu, kamu harus membuat pilihan yang tepat.

Ada beberapa pertimbangan yang wajib kamu pikirkan ketika memilih bahasa pemrograman yang bakalan dipelajari, seperti jenis bahasa pemrograman, tingkat kesulitan bahasa pemrograman tersebut, hingga pengetahuan dan keterampilan coding yang Anda miliki.

Tapi jika memikirkan hal tersebut, hanya akan membuat kepala kamu menjadi pusing. Tapi tenang saja, kami sudah merangkum daftar bahasa pemrograman paling populer yang menarik untuk dipelajari tahun ini.

Daftar ini tidak hanya mengurutkan bahasa pemrograman apa yang populer saat ini, tapi juga mengklasifikasikan tingkat kesulitan untuk mempelajar bahasa pemrograman tersebut, dari yang mudah hingga yang tersulit. 

Semua itu akan kami sajikan agar dapat membantu kamu bisa lebih mudah memilih bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari.

Bahasa Pemrograman Populer yang Menarik Untuk Dipelajari

10. Golang

Kita mulai dari urutan ke 10 dulu. Bahasa pemrograman paling populer yang menarik untuk dipelajari pada di urutan ini adalah Bahasa pemrograman Go. 

Go, atau yang juga dikenal sebagai Golang adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007 untuk pengembangan Application Programming Interface (API) dan aplikasi web.

Meski masih muda, dalam beberapa tahun terakhir, Go menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer. Hal ini tak lepas karena kesederhanaannya, serta kemampuannya dalam menangani sistem multicore dan jaringan serta basis kode yang sangat besar.

Bahasa-Pemrograman-Golang
Bahasa Pemrogaman Golang

Go pada dasarnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan developer yang mengerjakan proyek besar. Beberapa perusahaan teknologi besar sangat menyukai Go karena strukturnya yang sederhana dan modern serta keakraban sintaksisnya.

Adapun perusahaan yang menggunakan Go sebagai bahasa pemrograman mereka adalah Google, Uber, Twitch, Dropbox, dan banyak lagi lainnya. Go juga semakin populer di kalangan ilmuwan data karena kelincahan dan performanya.

Programmer atau developer Go dapat memperoleh gaji tahunan rata-rata $92.000, dan hingga $134.000.

9. Scala

Di urutan atau peringkat ke 9, Scala menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer yang menarik untuk dipelajari.

Scala dibuat untuk menggantikan Java yang banyak memiliki masalah bugs di dalamnya. Scala bisa dibilang bahasa pemrograman multiguna yang kuat, tetapi jauh lebih ringkas.

Bahasa-Pemrogaman-Scala
Bahasa Pemrograman Scala

Pada dasarnya Scala adalah bahasa pemrograman tujuan untuk mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek dan fungsional. Ini memberi kamu bisa menguasai beberapa fitur pembeda seperti lazy computation, string interpolation, type inference, great scalability, dan banyak lainnya. Selain itu, kode Scala dapat dikonversi menjadi byte codes dan dapat dijalankan di Java Virtual Machine.

Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan di bidang Web Development, Data Science, dan Machine Learning. Beberapa perusahaan raksasa teknologi seperti Netflix, LinkedIn, eBay, Twitter, dll menggunakan Scala untuk platform & produk mereka masing-masing.

Hal inilah yang membuat para pemula sangat disarankan untuk memilih Scala karena sifatnya yang mudah dipelajari. Banyak perusahaan berharap untuk memasukkan Scala ke dalam produk digital mereka, sehingga jumlah permintaan developer yang menguasai Scala cukup meningkat tahun 
2021 ini.

8. Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer yang menarik untuk dipelajari peringkat ke 8.

Meski Java seringkali dianggap kuno dan mulai kehilangan pesonanya, tetapi ketika kita melihat data statistik sebenarnya hampir setiap tahun Java selalu berada pada peringkat yang sangat bagus. Ini menunjukkan bahwa Java masih menjadi bahasa pemrograman yang berfungsi dengan baik dan diminati di dunia teknologi.

Bahasa-Pemrogaman-Java
Bahasa Pemrograman Java

Berdasarkan survey, diperkirakan ada sekitar 8 juta programmer Java yang tersebar di seluruh dunia. Ini artinya komunitas programmer Java ini sangatlah besar. Tak hanya itu, bahasa pemrograman tertua ini menempati posisi kedua teratas di antara semua bahasa pemrograman dalam peringkat TIOBE dan PYPL. Sesuai laporan RedMonk, Java berada di peringkat ke-3 di bawah JavaScript dan Python.

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Oracle Corporation ini hadir dengan prinsip “Write Once, Run Anywhere”, yang memungkinkan koding Java bisa diimplementasi pada platform lain, yang mendukung Java tanpa harus melakukan kompilasi ulang.

Bahasa Java sendiri banyak digunakan dalam Android Development, Web Applications, Desktop Applications, Scientific Applications, dll. Selain itu, perusahaan terkemuka seperti Adobe, Amazon, Flipkart, dan banyak lainnya menggunakan Java dan menawarkan peluang karir besar kepada programmer yang menguasai Java.

Tinggi permintaan programmer yang menguasai Java di dunia teknologi, dukungan komunitas yang besar, mudahnya implementasi pada framework populer seperti Spring & Hibernate serta beberapa fitur yang memperkaya seperti multithreading, automatic memory allocation & garbage collection, platform independen, dan lainnya membuat Java sangat layar untuk kamu pelajari.

7. Ruby

Bahasa pemrograman paling populer yang menarik untuk dipelajari di urutan ke tujuh adalah Ruby.

Ruby adalah bahasa pemrograman yang dikenal relatif mudah dipelajari. Dikembangkan pada tahun 1990-an, Ruby dirancang untuk memiliki sintaks yang lebih ramah tapi tetap fleksibel dari sudut pandang arsitektur object oriented dengan mendukung notasi pemrograman prosedural dan fungsional.

Bahasa-Pemrogaman-Ruby
Bahasa Pemrogaman Ruby

Ruby memiliki framework aplikasi web bernama Ruby on Rails ("RoR"). Para developer Ruby memuji Ruby sebagai bahasa yang mudah untuk ditulis dan juga untuk waktu belajar yang dibutuhkan relatif singkat.

Atribut ini telah menghasilkan komunitas pengembang Ruby yang besar dan minat yang meningkat pada bahasa di antara para pengembang pemula. Gaji rata-rata untuk seorang pengembang Ruby hampir $90.000 per tahun.

6. PHP

Untuk urutan ke 6, PHP menjadi bahasa pemrograman paling populer yang menarik untuk dipelajari.

Sesuai Indeks TIOBE pada Desember 2020, bahasa pemrograman PHP ini berada peringkat ke 8 dari 10 bahasa pemrograman teratas. Fakta lainnya, dalam laporan RedMonk Ranking, bahasa tersebut berada di peringkat ke-4 melebihi bahasa terkemuka lainnya seperti C ++, Kotlin, dll.

Bahkan, berbagai perusahaan terkemuka seperti Facebook, Wikipedia, WordPress, dll sangat mengandalkan bahasa pemrogaman PHP dan banyak menyediakan banyak lowongan kerja programmer PHP secara rutin.

Bahasa-Pemrogaman-PHP
Bahasa Pemrogaman PHP

Bahasa pemrograman PHP sendiri disukai karena sangat mudah berintegrasi dengan HTML, CSS, JavaScript, dan bahasa pemrograman populer lainnya. Tak hanya itu, dukungan komunitas yang besar, membuat Anda tak perlu lagi kesulitan untuk mencari solusi dari masalah yang Anda alami.

Bahasa pemrograman ini sangat kami sarankan untuk pemula yang ingin belajar pemrograman dasar. Selain lebih mudah dipelajari, ada beberapa framework PHP populer yang dapat membantu proses kamu berkembang seperti Laravel, Symfony, CodeIgniter, dll.

Jadi jika Anda sangat ingin masuk ke bidang pengembangan website, PHP akan menjadi pilihan tepat untuk Anda!

5. C and C++

Di urutan ke 5, ada bahasa pemrograman C dan C++ sebagai bahasa pemrograman yang menarik untuk dipelajari.

Bahasa pemrograman C mungkin adalah bahasa pemrograman tertua yang umum digunakan dan merupakan akar dari bahasa pemrograman lain seperti C #, Java, dan JavaScript. C ++ adalah versi C yang disempurnakan.

Bahasa-Pemrogaman-C-C++
Bahasa Pemrogaman C & C++

Saat ini, banyak developer melewatkan pembelajaran bahasa pemrograman C sendiri. Padahal dengan mempelajari bahasa pemrograman C terlebih dahulu, dapat memberikan dasar untuk menguasai bahasa pemrograman C ++.

Dari segi popularitas, indeks TIOBE tahun 2020 menyebutkan bahwa C dan C ++ masing-masing menempati peringkat pertama dan keempat dari 5 bahasa pemrograman teratas. Sementara itu, pada indeks PYPL, C / C ++ telah melihat tren kenaikan sekitar 0,1% dan berada di peringkat 5.

Ada banyak perusahaan teknologi besar yang mempekerjakan pengembang C / C ++ dengan gaji yang layak seperti Adobe, Oracle, Microsoft, Nvidia, dll.

Nah untuk rata-rata gaji sendiri, developer C dan C++ bisa mendapatkan rata-rata gaji jingga $76.500 setiap tahun.

4. R

Di posisi ke 4, ada bahasa pemrograman R yang merupakan bahasa pemrograman yang asik untuk dipelajari tahun ini.

Bahasa pemrograman R adalah bahasa pemrograman open source. Bahasa pemrograman ini pada dasarnya adalah versi berbeda dari bahasa S. Banyak kode yang ditulis pengembang untuk S berjalan di R tanpa harus banyak dimodifikasi.

Aplikasi yang dibangun di R sendiri biasa digunakan untuk memproses statistik, termasuk pemodelan linier dan nonlinier, perhitungan, pengujian, visualisasi, dan analisis. Aplikasi yang dikodekan menggunakan R dapat berinteraksi dengan sejumlah database dan memproses data terstruktur dan tidak terstruktur.

Bahasa-Pemrogaman-R
Bahasa Pemrogaman R

R memiliki kurva belajar yang moderat dan tidak mudah dipelajari oleh pemula seperti beberapa bahasa lain di artikel ini. Namun, seperti bahasa pemrograman open source lainnya, R membanggakan komunitas pengembang online yang aktif, yang selalu menjadi nilai tambah ketika mempelajari keterampilan pengkodean baru.

Bahasa pemrograman R sendiri telah menunjukkan peningkatan peringkat di berbagai indeks terkenal untuk bahasa pemrograman. Khususnya pada peringkat TIOBE, bahasa pemrograman R telah melonjak ke posisi 9 dari posisi 16 dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.

Berbagai perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Google, Uber, dll menggunakan bahasa R untuk bisnis mereka, dan mengingat permintaan yang meningkat pesat untuk data science dan tren machine learning. Hal ini menunjukkan bahwa jika kamu mempelajari bahasa pemrograman R pasti bermanfaat untuk peningkatan karir Anda di masa depan.

3. C#

Nah, di posisi ke 3, ada bahasa pemrograman C# yang dikembangkan oleh Microsoft yang menjadi bahasa pemrograman yang menarik untuk dipelajari tahun 2021.

Bahasa pemrograman C# menjadi terkenal di tahun 2000-an karena mendukung konsep object-oriented programming. Ini adalah salah satu bahasa pemrograman paling kuat untuk Framework .NET. Anders Hejlsberg, pencipta C # sendiri mengatakan bahasanya lebih mirip C ++ daripada Java.

Nah, selama beberapa tahun terakhir, C # memegang peringkat yang baik dalam daftar bahasa pemrograman teratas di hampir setiap indeks. Bahasa ini menempati peringkat ke-4 dan posisi ke-5 di indeks TIOBE dan PYPL masing-masing. 

Bahasa-Pemrogaman-C#
Bahasa Pemrogaman C#

Pada Peringkat Bahasa GitHub, ia menempati posisi # 5 secara konsisten selama dua tahun terakhir. Selain itu, ada banyak peluang karir bagi programmer yang menguasai bahasa pemrograman C # di berbagai negara di Asia.

Bahasa ini sendiri banyak digunakan untuk pengembangan game bersama dengan pengembangan aplikasi Windows, server-side applications, dll. Selain itu, C # juga memiliki banyak library yang membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang lebih cepat dan efisien.

Perusahaan-perusahaan seperti Intellectsoft, Capgemini, dan beberapa perusahaan pengembang game sering menggunakan bahasa pemrograman C# ini sebagai bisnis. Jadi, jika Anda ingin mempelajari bahasa pemrograman C # pada tahun 2021, kamu dapat melakukannya sekarang tanpa berpikir dua kali!

2. Python

Bahasa pemrograman Python menjadi bahasa pemrograman populer yang wajib Anda pelajari tahun ini di urutan ke 2.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling umum digunakan saat ini dan mudah dipelajari oleh pemula karena mudah dibaca.

Sesuai laporan RedMonk untuk tahun 2020, Python mengungguli JAVA untuk menjadi bahasa pemrograman terpopuler kedua.

Bahasa-Pemrogaman-Python
Bahasa Pemrogaman Python

Bahasa pemrograman ini telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa sekitar 18-19% dalam 5 tahun terakhir. Sementara itu, dalam indeks PYPL, Python berada di peringkat # 1 untuk indeks Desember 2020. 
 
Peringkat bahasa Python di antara bahasa pemrograman paling populer di beberapa platform terkenal lainnya juga seperti Stack Overflow, Github, dll. Selain itu, kompatibilitas Python dengan teknologi yang sedang tren seperti AI & ML membuatnya lebih disukai di antara para programmer.

Python telah menjadi bahasa favorit hampir setiap orang yang baru memulai dengan domain pemrograman selama beberapa tahun terakhir. Alasan utama di balik ini adalah sintaks yang cukup sederhana yang membuatnya mudah dibaca, dipelajari, dan digunakan. Bahasa ini banyak digunakan untuk pengembangan web, pengembangan perangkat lunak, dll., dan dengan beberapa teknologi yang sedang tren seperti Machine Learning, A.I, Data Science, dll.

Bahasa pemrograman ini menawarkan beberapa fitur yang memperkaya seperti dukungan library yang kaya, automatic garbage collection, lebih mudah integrasi dengan bahasa lain, dukungan Pemrograman GUI, dan banyak lagi.

Beberapa Framework Python populer yang membuat segalanya lebih efisien & nyaman adalah Django, Flask, Pyramid, dll.

1. Javascript

Di urutan ke 1, kami lebih memilih Javascript daripada Python, sebagai bahasa paling menarik untuk kamu pelajari tahun ini.

Pasalnya JavaScript adalah salah satu dari bahasa pemrograman terkenal yang kini memiliki permintaan tinggi di dunia pemrograman. Dalam laporan peringkat TIOBE, JavaScript telah menempati peringkat di bawah 10 bahasa pemrograman teratas selama beberapa tahun secara konsisten.

Bahasa-Pemrogaman-JavaScript
Bahasa Pemrogaman JavaScript

Faktanya, survei Stack Overflow menggambarkan bahwa JavaScript adalah bahasa paling populer di kalangan pengembang. Di Octoverse juga, JavaScript menikmati posisi teratas di antara semua bahasa pemrograman.

Beberapa perusahaan ternama di dunia teknologi yang menggunakan JavaScript adalah Facebook, Google, Microsoft, Uber, dll.

Meskipun bahasa ini terutama dikenal untuk menambahkan elemen responsif pada halaman web, bahasa ini memiliki berbagai implementasi seperti dalam pengembangan web, pengembangan game, pengembangan aplikasi seluler, dan banyak lagi.

Selain itu, bahasa ini digunakan untuk pengembangan Front End dan Back End. Selain itu, kompatibilitasnya dengan beberapa framework terkemuka seperti React, Vue, Node, dll yang membuatnya lebih disukai para developer.

Ada jutaan situs web yang sudah ada di web yang sangat bergantung pada JavaScript dan di atas itu, melihat permintaan & dominasi bahasa, jadi tidak salah untuk mengatakan bahwa JavaScript juga akan berkuasa pada tahun 2021!

Kesimpulan

Nah, itulah 10 bahasa pemrograman paling populer yang menarik untuk dipelajari tahun ini. Namun sedikit saran sebelum kamu mulai fokus mempelajarinya, sebaiknya mantabkan diri kamu terlebih dahulu. Sehingga ketika belajar nanti, bisa lebih komit.

Jadi kira-kira kamu bakal belajar bahasa pemrograman yang mana, guys?

Berlangganan via Email