Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Ghost CMS? Mengenal Lebih Jauh Ghost CMS

Apa itu Ghost Blog
Apa itu Ghost CMS

Apa Itu Ghost CMS? - Bila kamu ingin membuat blog atau website, ada bermacam cara dan platform yang bisa kamu gunakan. Cara pertama adalah dengan cara manual dengan memakai coding HTML. Tapi ada pula langkah yang lebih gampang, yakni memakai Content Management System.
 
Content Management System atau yang biasa disebut CMS dapat membantu kamu untuk bikin website, tanpa perlu menguasai coding. Ada bermacam CMS yang bisa kamu gunakan untuk bikin web, dan Ghost adalah satu diantaranya.
 
Di artikel ini, kami akan mengupas lebih jauh mengenai tentang ghost blog cms ini. Mulai dari apa itu ghost cms, kelebihan ghost cms dan kekurangan ghost cms. Yuk, kita mulai.

Apa itu Ghost CMS?

Sebagai seorang programmer, sebuah blog atau website sangatlah penting. Blog tidak hanya sebagai personal website yang dapat memperkenalkan siapa kamu. Tapi juga menunjukkan hasil kerjamu sebagai programmer.
 
Namun sayangnya banyak programmer kurang menyukai Wordpress atau Blogger. Ada yang beralasan bahwa keamanan kedua CMS tersebut insecure karena mudah dihacking. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa kedua CMS itu "kurang keren" dan "kurang menantang". 
 
Maka dari itulah, banyak programmer lebih memilih untuk membangun sendiri blog mereka secara manual.  
 
Sebagai programmer yang malas seperti saya, saya jelas malas harus membangun website secara manual, apalagi mengingat tujuannya hanya sebagai personal website sekaligus portfolio. 
 
Suatu ketika, salah seorang kawan saya yang juga ikut mengelola ProgrammerIDN memperkenalkan saya pada Ghost. 
 
Darinya, saya baru mengetahui bahwa Ghost CMS adalah CMS blog yang dirancang khusus untuk publikasi atau blog. Ghost sendiri dibangun secara open source menggunakan Node.js yang ditulis dengan bahasa pemrograman JavaScript.
 
John O’Nolan, pendirinya membangun Ghost karena percaya bahwa WordPress terlalu berantakan dan membengkak karena banyaknya fungsi yang dimilikinya. Hal ini mendorongnya untuk mengembangkan platform yang lebih lugas yang hanya berfokus pada publishing.

Kelebihan Ghost CMS

Dari keinginan John O'Nolan tersebut, Ghost CMS sendiri akhirnya dikembangkan agar lebih ramah pengguna sehingga dapat bersaing dengan Wordpress. Mereka menawarkan beberapa fitur yang membuat kita sebagai penggunanya bisa mengoperasikannya dengan mudah.

1. SEO

Apa gunanya ngeblog kalau tidak ada yang membacanya?

Ghost CMS memiliki opsi SEO bawaan yang sangat baik. Dan kamu tidak perlu repot untuk mengatur atau memasang plug in apa pun ke CMS untuk SEO. Adapun opsi seo bawaan di Ghost CMS adalah sebagai berikut:

  • Data Terstruktur: Postingan di Ghost CMS mendukung data terstruktur secara default. Sangat berguna untuk menampilkan hasil pencarian yang bagus di mesin pencari.
  • AMP: Ghost CMS juga memiliki dukungan inti untuk AMP. Ini adalah teknologi revolusioner untuk memuat halaman web dengan kecepatan ringan.
  • Responsif: Dengan peningkatan penggunaan seluler, situs web perlu dioptimalkan untuk layar yang lebih kecil. Tema hantu sepenuhnya responsif dan ramah seluler.
  • RSS: RSS feed penting dan dibutuhkan untuk banyak aplikasi. Ghost CMS memiliki dukungan bagus dari RSS feed untuk berbagi konten Anda dengan berbagai platform.
  • Sitemap: Ghost CMS memiliki generator sitemap bawaan yang dapat menghasilkan dan memperbarui peta situs Anda dengan setiap pembaruan baru.
Inilah alasan mengapa Ghost CMS sangat cocok untuk mereka yang ingin memulai blogging.

2. Tema Profesional dan Kustomisasi

Tema yang bagus dan menarik perhatian pengguna jelas akan membuat situs web Anda menonjol dari yang lain. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan desain interaktif dan menarik di situs webmu kan?

Nahm Ghost CMS memiliki banyak tema yang sepenuhnya responsif dan indah. Mayoritas tema yang disediakan oleh para profesional. Mayoritas tema yang ada sendiri minimalis dan sudah dioptimalkan. 
 
Jadi kamu tidak perlu repot lagi mengatur tata letak lagi. 
 
Oh iya, tak hanya itu, kamu juga bisa membuat tema kamu sendiri di Ghost CMS. 

3. Integrations

Integrations bisa dianggap seperti sistem plugin untuk menambahkan beberapa layanan lain di situsmu. Dan Ghost CMS memiliki sistem Integrations bawaan ke ratusan layanan. Bagian terbaiknya adalah Anda juga dapat menambahkan integrasi khusus.

Ada beberapa integrasi yang bisa kamu sematkan untuk website kamu seperti Disqus, Google analytics, Stripe untuk pembayaran, Slack, AMP dan banyak layanan berguna lainnya.

Semua itu kamu bisa integrasikan dengan hanya sekali klik.

Berikut adalah daftar integrations lengkap yang tersedia dalam Ghost CMS.

4. High Load Speed

Seperti dikatakan oleh pendirinya, Ghost adalah CMS alternatif dari WordPress untuk fokus hanya pada blogging. Maka dari itu, mereka membangun Ghost agar unggul dalam urusan load speed.

Ghost sangat ringan dan berjalan pada teknologi modern seperti Node.js, ini membuat Ghost CMS sangat cepat.

Kecepatan merupakan faktor penting untuk SEO, di sini Ghost mendapatkan keuntungan SEO tambahan dengan kecepatan. 

5. Open Source

Hal terbaik dari Ghost CMS adalah Open source. Kode tersebut tersedia di GitHub.

Ghost CMS sepenuhnya gratis untuk semua dan Anda dapat meng-host di layanan yang mendukung Node.js. Ada komunitas besar di balik Ghost CMS dan pengembangannya sangat aktif.

6. API’s

Ghost CMS memiliki REST API yang dapat digunakan dalam aplikasi apa pun seperti aplikasi seluler atau menggunakan teknologi frontend seperti React dan Vue dengan mudah.

7. Headless CMS

Ghost merupakan Headless CMS, yang artinya, kamu dapat menggunakannya untuk membuat situs website statis.
 
Seperti yang kita ketahui, situs web statis semakin populer dari hari ke hari karena hosting yang murah (atau gratis) dan kecepatan yang sangat cepat.

Jadi bisa dibilang situs web statis adalah masa depan. Dan CMS seperti Ghost dapat memberikan pengelolaan konten yang lebih baik daripada CMS lainnya.

Kekurangan Ghost CMS

Meskipun memiliki banyak kelebihan, akan tetapi ada beberapa kekurangan Ghost CMS yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini beberapa kekurangan Ghost CMS tersebut:

1. Jumlah Tema Ghost Sangat Terbatas

Tema yang tersedia untuk Ghost CMS sangat keren dan minimalis sekali. Akan tetapi jika kamu sudah terbiasa dengan Wordpress dan Blogger, tema-tema Ghost tersebut sangat mengecewakan. 
 
Rata-rata tema Ghost hanya berformat untuk publishing saja. Ironisnya, kamu tidak bisa mengedit seperti tampilannya sesuka hati seperti tema di wordpress atau blogger. 
 
Jadi kalau kamu berpikir bisa membuat website company profile, forum, online shop atau lain sebagainya dengan memanfaatkan Ghost CMS, maka lupakanlah. 

2. Harus Menguasai Hosting Mandiri dan Coding Dasar

Untuk dapat mengaktifkan Ghost, kamu perlu pemahaman dasar coding. Misalnya saja cara mengaktifkan node.js, Javascript atau pengelolaan hosting agar bisa mengoptimalkan Blog Ghostmu.
 
Tenang, untuk membantu kamu, kami akan membuat beberapa panduannya di artikel lainnya nanti. Jadi jangan lupa untuk ikuti terus kami.

3. Harga yang Tidak Murah

Harga Ghost versi basic cukup mahal. Sekitar $29 per bulan atau sekitar 450 ribu per bulan. Hal ini jelas terhitung mahal apalagi kalau kamu bukanlah blogger yang konsisten dalam menulis.

4. Backup Website di Ghost CMS Cukup Rumit

Hingga kini, backup dari Ghost CMS hanya bisa dilakukan secara manual dengan cara mengekspor file. 

Salah satu cara untuk mengatasinya agar bisa berjalan secara otomatis adalah dengan cara mengambil backup dari sisi server. Ini jelas yang tidak ideal bagi kamu kan?
 
Namun meskipun demikian, kami yakin fitur ini kelak akan diperbaiki oleh tim Ghost, karena sepertinya saat ini fitur backup ini belum menjadi prioritas.

Server Hosting Terbaik Untuk Menginstall Ghost

Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan dari Ghost, mungkin salah satu diantara kamu ada yang tertarik untuk menginstall Ghost sebagai cms blog kamu. 

Nah harus kamu ketahui bahwa untuk menginstall Ghost, kamu tidak bisa sembarangan. Karena tidak banyak server hosting cocok untuk menginstall Ghost.

Misalnya saja, pada server share hosting yang kini tidak lagi mendukung instalasi ghost karena sejak Juli 2017, Softaculous tidak lagi mendukung perkembangan Ghost.  

Dari pengalaman kami di programmeridn, setidaknya hanya ada 3 server yang bisa kamu gunakan untuk menginstall Ghost, yakni:
  1. Server VPS Ubuntu
  2. Server Cloud (Misalnya Amazon Web Service dan Digital Ocean)
  3. Server Localhost atau Server Lokal

Kesimpulan

Setelah membaca pengertian, kelebihan hingga kekurangan Ghost CMS, kamu mungkin bertanya pada: Apakah Ghost itu platform yang sesuai dengan kebutuhan saya?
 
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya secara personal akan bertanya balik, "apa tujuan situs kamu?" 
 
Sebab dari kelebihan serta kekurangan yang ada pada Ghost CMS, saya pribadi lebih menyarankan penggunaan Ghost CMS akan efektif bila
  • Kamu adalah blogger yang ingin cepat menghasilkan uang terutama lewat internet atau adsense.
  • Kamu ingin membangun fitur blog untuk perusahaan atau bisnis dengan domain berbeda, entah itu subdomain atau domain baru.
Jadi kalau kalau kamu termasuk salah satu dari dua klasifikasi tersebut, maka silahkan gunakan Ghost. Tapi kalau kamu tidak memenuhi klasifikasi tersebut, mending gunakan CMS lainnya.
 
Nah, bagaimana pendapat kamu sendiri tentang Ghost CMS? Silahkan beri tahu saya jika Anda memiliki pengalaman menggunakannya. 

Berlangganan via Email